Cool Japan - Inspiring . Fascinating . Delightful | Clozette Indonesia

Sumber foto: Clozetter Priscaangelina


Metode membersihkan wajah dua tahap yang dikenal dengan istilah double-cleansing sudah menjadi kewajiban sehari-hari untuk para beauty enthusiasts. Metode ini dikenal ampuh untuk mengangkat makeup dan kotoran agar tak menyumbat pori-pori, dan sebagai langkah awal untuk pengaplikasian skincare.

 

Tahapan double-cleansing diawali dengan memakai produk berupa cleansing oil ataupun micellar water, lalu dilanjutkan dengan facial wash yang dibilas air. Baik micellar water maupun cleansing oil memiliki fungsi yang mirip, namun bahan dasarnya cukup berbeda. Kira-kira, produk pembersih wajah yang mana, ya, yang lebih cocok dengan  jenis kulit ataupun makeup-mu sehari-hari? Yuk, simak lebih lanjut dalam ulasan berikut.



Micellar Water



Sumber foto: Clozetter Unidzalika

 

Berdasarkan penjelasan ahli kimia kosmetik Joseph Cincotta yang dikutip dalam Allure.com, micellar water merupakan kombinasi dari purified water dengan bahan-bahan yang digunakan untuk menghidrasi kulit seperti Glycerin dan surfaktan dalam konsentrasi yang sangat kecil. Molekul surfaktan tersebut biasanya tergabung dalam butiran mikroskopik bernama micelle, yang berfungsi menarik kotoran dan air layaknya sebuah magnet. Oleh karena itu, ketika kamu menyapukan kapas yang dibubuhi micellar water pada wajah, kotoran dan sebum dapat diangkat oleh kapas tersebut.

 

Di Prancis, micellar water sebenarnya sudah digunakan untuk membersihkan wajah sejak tahun 1990-an. Namun, di Indonesia, produk ini baru terdengar pada tahun 2012 lalu, dan semakin menggema setelah salah satu brand pelopornya, Bioderma, masuk ke industri kecantikan dalam negeri.

 





Micellar water merupakan pilihan yang tepat untuk kamu dengan jenis kulit sensitif, kering, dan acne prone karena produk ini cenderung minim efek samping. Bahan-bahannya tergolong ringan dan tetap menghidrasi kulit. Meskipun begitu, micellar water tidak disarankan untuk menghapus makeup tebal dan waterproof. Kamu bisa menggunakan produk cleansing berbentuk milk atau cream terlebih dahulu, lalu gunakan micellar water untuk membersihkannya.



Sumber foto: Clozetter Nandatiara, Stellajulian, sunsetdazesha & Instagram @larocheposayusa


Micellar water rekomendasi Clozette:

Bioderma Sensibio H2O untuk kulit sensitif, La Roche-Posay Effaclar Micellar Water for Oily Skin untuk kulit berminyak, dan L’Oreal Paris Micellar Water varian Pink untuk kulit kering, Garnier Micellar Water varian Biru untuk kulit berminyak dan berjerawat.






Cleansing Oil



Sumber foto: Clozetter Indirawulandari

 

Ketika rangkaian makeup bercampur dengan sebum, sensasi wajah yang berminyak kerap dirasakan. Hal tersebut terjadi karena produk-produk makeup tidak diserap oleh kulit dan berada tepat di atas pori-pori. Jika minyak tersebut tak dibersihkan secara maksimal, maka pori-porimu akan tersumbat dan kemungkinan timbulnya permasalahan kulit semakin besar.

 

Merupakan salah satu produk pembersih wajah, cleansing oil berfungsi untuk memecah dan melarutkan minyak hasil makeup tersebut dengan formula minyak ‘baik’ yang dimilikinya. Tak hanya mengangkat minyak, cleansing oil juga meninggalkan minyak natural yang mampu melembapkan wajah. 





Lalu, jenis kulit apa yang cocok untuk memakai cleansing oil? Shari Marchbein,  M.D., Ahli Dermatologi dari New York University, dikutip dari The Sunday Edit, mengatakan bahwa cleansing oil tidak disarankan untuk mereka dengan kulit berjerawat. Para ahli juga berkata bahwa jenis pembersih oil-based ini lebih cocok utuk mereka dengan kulit kering atau yang beraktivitas dengan makeup cukup tebal sehari-hari. Kandungan cleansing oil dikenal lebih halus pada kulit, dan mampu menghapus makeup waterproof dengan baik.



Sumber foto: Clozetter Indirawulandari, Vinaeska, Instagram @tactha & @kiehlsid


Cleansing oil rekomendasi Clozette:

Tatcha Pure One Step Camellia Cleansing Oil untuk kulit kering, mature dan sensitif, Kiehl’s Midnight Recovery Botanical Cleansing Oil untuk sensasi soothing pada kulit, Shiseido Senka Perfect Watery Oil untuk kulit kombinasi dan berminyak, Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.


READ MORE ON THIS TOPIC